Parah. Jantung gue mau copot. Gue lagi asik-asik blogwalking, tiba-tiba suara kenceng bom meledak bikin gue bangun dan langsung keluar kamar. Bom dimana nih, atau suara gas siapa yang meledak. gue pun cek kompor gue, dan ternyata gasnya masih utuh. Terus suara dari mana?

Gara-gara penasaran, gue nanya sama adek gue yang lagi sibuk benerin mainanya “Denger suara meledak gitu gak tadi?” adek gue jawab tanpa menoleh, masih sibuk “Suara mobil damar. Nih meledak!” kemudian adek gue ngebanting mobil mainanya. Mungkin dia kesel mobilnya gak bisa jalan.


Karena dapet jawaban yang gak mencerahkan otak, gue pun keluar rumah dan nanya sama sepupu gue yang lagi duduk di kursi depan. Gue nanya dengan tampang panik, tapi sepupu gue itu biasa aja. Apa jangan-jangan itu ternyata suara kepala gue yang meledak?

“Emang ada yah? gak denger”

Astagah. Gue udah stress kali ya karena kebanyakan tugas di minggu pertama sekolah jadi ngedenger suara aneh-aneh gitu.

Akhirnya gue balik ke kamar dengan rasa penasaran. Tapi baru gue megang laptop tiba-tiba ada suara orang teriak-teriak “Merdeka..merdeka!” terus suara orang lari-larian dan suara pistol dimana-mana sama suara orang teriak-teriak gak jelas. Gue refleks tiarap karena takut kena tembakan, berusaha masuk kolong tempat tidur malah. Tapi beberapa detik kemudian gue baru sadar kalo sekarang itu gue lagi di dalem kamar, dan gak ada orang yang lagi perang. Malu. Tapi untung gak ada yang liat.

Dua kali gue denger suara aneh. Kalo tiga kali, gue bisa dapet gelas cantik. Dan bisa dipastikan gue udah gila. Gue coba-coba cek laptop gue, kali aja adek gue abis nyetel video berantem yang masih ke-play, tapi gak ada. Gue cek tivi di luar, dan tivinya mati.

Oke, gue optimis mungkin itu sebenernya suara perut gue yang laper, tapi karena lagi sedikit stress banyak tugas jadi terdengar kayak orang lagi perang. Terus adek gue yang cewek masuk kamar dan bilang “kak, gak ikutan nonton layar lancep?” layar tancep? Emang masih jaman? Astaga! demi idung marmut! adek gue kurang pergaulan. “Emang ada?” gue sebenernya sama sekali gak tertarik, tapi ngeliat muka adek gue yang excited, gue gak tega jawab gitu. “Itu di samping rumah, lagi nonton yang perjuangan Indonesia perang”

Shit. 

Gue serasa baru sadar dari koma. Jadi suara yang dari tadi bikin gue ketakutan dan hampir berfikir gue gila dan mengira suara aneh itu berasal dari perut gue ternyata adalah suara dari layar tancep. “Ooh” jawab gue pura-pura gak ada yang terjadi, tapi muka gue menampakan muka penuh kemarahan. Kira-kira seperti ini:
Lho kok lagi marah malah jadi cakep ya?

Salah foto guys, sorry, yang bener yang ini:
Nah, yang ini maksudnya


“Pak RT sebelah tau ka yang ngadain, kok di RT kita gak ada ya?” oh jadi pak RT yang ngadain nonton layar tancep di samping rumah gue dan yang bikin malam gue horror. Sini suruh temuin gue.

Mau sungkem. Takut.

Ginilah nasib kalo jadi rumah perbatesan antara RT satu sama yang lainnya. Kalo ada acara yang berisik-berisik, pasti kena apesnya.

“Temukan jawabanmu sendiri, jangan nanya. Nanti ketauan pengawas” kata gue kembali ngambil laptop. Pas gue liat tanggal di laptop, tanggal 16 Agustus. Jadi layar tancep dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Pantesan.

“Gak ikut nonton nih? Yaudah” Adek gue keluar kamar dan lari, mungkin dia mau ikut-ikutan jadi warga RT sebelah, mau ikut nonton layar tancep.


Oke, jadi kalo ada suara aneh lagi itu berarti suara dari layar tancep. Jangan panik lagi. Jangan tiarap lagi.


Sedetik kemudian ada suara aneh, kayak suara getaran gempa bumi. Badan gue ampe ikut bergeter, bercampur sama suara kodok kejepit. ‘Tenang. Itu suara dari layar tancep’ kata gue dalem hati. Tapi suara itu kedenger lagi. Dan gue baru sadar, ternyata kali ini beneran suara perut gue yang lagi laper. Hehehehe. Hehe. Hehehe.