Tadinya gue fikir ulang tahun ke 17 itu bakal beda dari yang sebelumnya, ternyata emang bener! Beda banget. Cuma beda dalam bayangan gue dan kenyataan itu gak sama. Tadinya gue fikir saat umur gue 17 tahun, di diri gue langsung ada perubahan. Kayak misalnya lebih dewasa, jadi jaim banget, atau gak kayak anak kecil. Tapi ternyata gak, perasaan sikap gue sama aja deh. Terus gue kira tadinya muka gue langsung jadi kayak muka orang dewasa, ternyata Alhamdulillah masih gini, masih mirip Ariana Grande.


Kata orang-orang ulang tahun ke 17 itu spesial banget, makanya orang sering ngucapinnya sweet 17. Tapi kalo di luar negeri, biasanya yang spesial itu ulang tahun ke 16. Tapi kalo di gue, ulang tahun ke 16 dan 17 sama spesialnya. Cuma beda di bagian mananya yang spesial.

Jadi, tanggal 24 kemaren itu gue baru aja berumur 17 tahun. Umur yang kayaknya menunjukan kalo gue udah gede, umur dimana kalo makan gak boleh disuapin lagi. Berasa keren aja gitu udah umur 17 tahun, gue jadi punya KTP. Tapi sekarang belom bikin sih. Di umur 17 gue merasa bebas, karena bisa nonton film apa aja. Kalo yang tadinya setiap film yang kategorinya ’17 ke atas’ gue belom boleh tonton, tapi sekarang semua film bisa gue tonton. Tenang kok, filmnya yang bermanfaat.

Tanggal 24 kemaren gue merasa dikerjain sama temen-temen gue, semua yang gue lakukan menjadi bahan untuk dikerjain. Hari itu perasaan gue campur-campur, Tapi worth it sih, soalnya pada akhirnya gue dapet hal yang setimpal. Meskipun hal setimpal itu adalah bersihin jalanan depan rumah karena banyak telor dan bau amis, mandi malem-malem, dan lainnya. Temen gue selalu bisa ngasih surprise yang beda dari sebelumnya, ya meskipun agak ketebak dikit jalan cerita rencana mereka, tapi gue pura-pura gak tau aja. Kan gue baik.

Cara orang-orang ngucapin selamat ulang tahun ke gue juga beda-beda. Ada yang gue paksa ngucapin, ada yang ngucapin tapi wishnya itu buat dia, ada yang ngucapinnya nelpelin kertas di belakang pintu rumah gue. kebanyakan sih yang gue paksa ngucapin, sampe gue ancem. Hehehe.

Saat-saat sebelum 17 tahun, gue bikin “17 things to do when I 17’’. Salah satunya adalah nge-post tulisan ini dan post satu foto aib gue. Seketika gue bingung. Foto mana yang harus gue post, karena semua foto gue itu adalah aib. Mau gue apus list yang itu, tapi udah gak bisa. Karena buat list lainnya lagi itu pake mikir keras. Jadi foto aib yang satu ini yang gue kasih liat ke kalian:
Beberapa tahun lalu. Saat gue gak dikasih makan seminggu.


:(