Bingung nih. Gue merasa lagi jadi anak labil banget akhir-akhir ini. Kelabilan gue ini hampir di semua hal kayaknya. Apa efek anak yang baru aja berumur 17 tahun ya? Kalian gitu gak sih?

Kayak yang tadinya semangat pengen ngapain, tiba-tiba jadi males. Yang tadinya mau ini tiba-tiba jadi pengen itu. Yang tadinya lagi seneng tiba-tiba sedih. Yang tadinya segar bugar tiba-tiba jadi sakit. Yang tadinya kenyang banget jadi laper. Pokoknya banyak banget “yang tadinya ini jadi itu” deh.


Contoh yang paling baru. Minggu kemaren gue bertekad gak akan main. Gue udah niat banget kalo sabtu-minggu harus di rumah dan belajar buat UTS. Pas hari sabtunya tiba, gue malah lebih mood belajar gitar. Terlebih lagi, abang gue minjemin gitarnya. Semangat gue menggebu. Jelas aja, gitarnya lebih mahal dan lebih enak dipake. Akhirnya sampe malem juga gue gak belajar. Hari minggunya, sampe sore juga gue belom belajar. Cuma pas malem, gue liat adek gue pada belajar, akhirnya gue memutuskan buat megang buku. Cuma dipegang.

Kalo sekarang  masih ada nyokap dia pasti ngomelin gue dengan kata-kata ‘Rizka belajar. Dibeliin buku itu buat dipelajarin, buka cuma dibawa-bawa aja’

Dan,

‘Sini bawa bukunya, sekalian diajarin’.

Terus gue belajar sebentar dan mulai jenuh, gue memberi alasan klasik, kayak ‘Bu, makan dulu deh. Masih laper’ Setelah makan gue beri alasan baru ‘Bu, kaka ngantuk, besok aja deh belajarnya di sekolah. Daripada kesiangan’.


Tuh kan, gue malah jadi kangen sama sosok nyokap. Ada yang mau bagi nyokapnya buat gue? Gak deng. Bercanda. Hehehe.

Kalo sekarang gue udah gak pura-pura laper atau ngantuk kalo disuruh belajar. Paling pura-pura pingsan. Hehehehe. Sekarang gue udah gede, masa mau belajar aja harus dipaksa. Udah punya KTP kalo belajar aja dipaksa, jadi malu sama KTPnya.


Ngomong-ngomong, ternyata bikin KTP gak ribet-ribet banget ya. Gue cuma disuruh bawa berkas dan minta surat pengantar terus pergi ke kelurahan.

Awalnya gue kira disuruh bawa foto sendiri, ternyata foto langsung disana. Dan gue jadi pesimis hasil foto gue bakalan bagus. Mengingat temen-temen gue dan korban lainnya yang foto di KTPnya itu nggak lucu abis.

Gue nanya ke bapak-bapak yang bagian ngurusin KTP buat memastikan.


'Pak, ini fotonya langsung ya Nggak pake foto yang udah jadi?'

'Iya dek, ayuk foto sekarang. Liat ke kamera'

'Pak, kameranya bagus gak?'

'Kamera biasa, hasilnya ya begitu'

'Gak bisa pake kamera 360 pak? Biar jadi putihan'

'Adeknya udah putih kok, lagian ini terang'

Oh iya, lampunya dinyalain jadi terang. Sampe silau malah. Tapi gue belum puas.

'Pak, nanti fotonya bisa diedit gak? Saya ada jerawat di pipi kiri nih pak, tolong ilangin ya pak'

'Gak bisa, dek'

'Yaudah deh, pak. Foto sekarang '

'Okeh. Liat ke kamera ya dek'

'Gak mau. Saya mau liat muka bapak aja'

'..........'

'Yaudah pak, udah siap'

'Okeh'

'Pak, kalo jelek, diulang ya'

'Yaudah iya'

'Pak.........'

'KAMU MAU SAYA FOTOIN APA ENGGAK??!'

Gue pun diem seribu bahasa. Dan hasil fotonya gue serahkan ke yang maha kuasa. Bener aja. Pas gue liat di komputer, fotonya kayak nge-zoom banget. Berasa satu foto isinya cuma muka. Proses fotonya aja cepet banget . Baru ngeliat ke kamera, kata bapaknya udahan. Dan gak bisa diulang. Pas KTPnya udah jadi, foto yang tadinya terang di komputer, berubah jadi gelap banget. Jadi, saya gagal dapet foto KTP paling cemerlang tahun ini.

Agak heran emang sih, kok kayaknya dari yang gue udah liat, hasil fotonya selalu gak maksimal.

Kayaknya cita-cita gue harus diganti jadi petugas yang ngurus pembuatan KTP deh. Biar rakyat sejahtera. Nanti foto KTP rakyat kelurahan gue hasilnya bakalan maksimal. Soalnya bakal ada proses pengeditan dulu sebelum dicetak, dan bakal pake kamera yang super high quality. Udah gitu kayaknya rakyat gue dibolehkan bergaya di foto KTPnya. Nanti kelurahan gue bakal jadi kelurahan yang foto KTP rakyatnya paling cemerlang. Gimana? keren gak?


Biar gak ada korban senasib gue lagi.