Siang-siang di hari puasa yang juga hari libur, yang paling enak dilakukan adalah tidur. Iya, selain nonton upin&ipin di Mnc tv, yang paling enak adalah tidur. Tapi baru aja gue mau memejamkan mata, hape gue getar, getarannya 5,5 skala richter, gimana gak kaget coba?

Gue dapet sms dari Eka ‘riz, skype yuk’ kenapa nih anak orang tiba-tiba ngajak skype-an. Dia cerita kalo dia lagi terserat di sekolah orang, dan lagi jadi kambing conge sendirian. Bibirnya ampe kering karena gak ada yang ngajak ngobrol. Ooooh.


Kemudian Eka calling di skype, gue jawab. Entah kenapa menjadi absurd seperti ini.

“Halo? Riz?” suara sok imutnya mulai terdengar
“Hmm?”
“Halo?”
“Iya, Halo?”
“Riz?”
“Iya kenapa?”
“Ini udah nyambung belum sih”

Gubrak. Gue pun memutuskan panggilan, dan kirim chat ke dia 'Gambar lo gak ada, denger suara gue gak?' dia bales‘Gambar lo juga. Denger, gak jelas’

Terus gantian gue yang calling dia.


“Halo?”
“Riz, muka lo gak ada”
Adaa. Ini masih nempel di kepala. “Lo juga”
“Halo? Udah nyambung belum sih?”
''Halo?''
''Riz?''

Kemudian gue diem aja, membiarkan dia  bercakap sendiri, sampe panggilan terputus. Apa yang salah dengan Koneksi gue? Perasaan tadi normal-normal aja. Hp gue getar, ternyata Eka ‘Kayaknya kuota gue abis deh haha tadi isi yang goceng doang’ gue langsung lari, nyali tali, dan gantungin diri.


Beberapa hari setelah itu gue diajakin skype-an lagi, tapi sama Rezki.

‘Ada kabar gembira’ gue udah tau nih ujungnya gimana.
‘Kulit manggis?’
‘Ha? Apaan?’
Sepertinya bukan kulit manggis.
‘Kabar apan?’
‘Kost-an gue ada wifinya, video call yuk'

Ini pasti gak bakal berujung kayak waktu sama Eka, soalnya udah dipastikan dia pake wifi bukan paket yang gocengan. Kali ini gue yang calling duluan. Gambar belum muncul.
"Rez?"
"Rizka?"
Gambar muncul tapi gelap gitu, mungkin kost-annya Rezki mati lampu, jadi dia pake lilin. Posthink.
"Kok gelap deh"
Bukannya jawab pertanyaan gue dia malah manggil lagi "Rizka?"
"Rizka ih"
Panggilan terputus.

Kita udah coba berkali-kali tapi hasilnya tetep aja gitu, saut-sautan nama doang, sampe gue lelah. Akhirnya rezki chat gue ‘udah ah riz, gak tau kenapa gak bisa, gue capek, besok coba’ gue langsung offline-in skype gue.

Ini kenapa, apa yang salah sama koneksi internet gue? apa yang salah sama skype gue? Apa yang salah sama laptop gue?  Kenapa muka gue gak muncul di layar temen gue? Kenapa? Apa muka macam Ariana gini emang sulit dimunculin kalo di kamera? Eh sorry itu yang terakhir keketik sendiri, terus gak bisa diapus-_-

Besok malemnya, gue gak teraweh karena lagi halangan. Iseng-iseng gue buka situs yang udah lamaaaaa banget gak gue buka. Dulu kalo di kelas lagi gak ada guru, sering gue buka sama temen-temen gue. Omegle. Yep, situs yang bisa bikin lo video chatting sama random stranger dari negara mana pun. Dulu gue suka dapet bule cakep buat jadi mangsa, sampe ada yang mirip Adam G. Sevani, Wow! Bukan Adamnya inul ya.




Sekalian gue jajal, apakah kali ini muka gue masih gak bisa muncul. Gue udah terhubung sama stranger. Perlahan muka si stranger muncul. Ooh cewe. Dan muka gue muncul. Bentar, apa? muka gue muncul? Berarti video call yang lalu bukan salah gue.

Stranger: 'Hi'
Gue: 'Hi'
Stranger: 'Asl?'
Gue: '16 female indonesia. U?'
Stranger: '20 female england'
Stranger: 'What's your name?'
Gue: 'England? Wow'
Gue: 'Rizka, U?'
Stranger: 'Caline'
Stranger: 'What r u doin?'
Gue: 'Nothing much, U?'
Gue: 'Caline? sounds like my sister's name'
Stranger: 'Who?'
Gue: 'Karin hehehe'

Terus si Caline memutuskan sambungan, mungkin dia gak suka kalo namanya disama-samain.

Gue pun nyari mangsa yang lain. Terhubunglah gue sama cowok bermuka Chinese dan keliatannya masih kecil.

Stranger: 'Hi'
Gue: 'Hi'
Stranger: 'What are u doing?'
Gue: 'Nothing much'
Gue 'Asl?'
Stranger: '14 male'
Stranger: 'Asl?'
Gue: '16 female' karena dia gak ngasih tau negara gue pun ikutan
Stranger: 'What's ur name?'
Gue: 'Rizka, and u?'
Stranger: 'Thomas, do u have twitter?'
Gue: 'Thomas? I guess ur fullname is Thomas and his friend. Lol'
Stranger: 'No, hahahaa are u kidding me'
Gue: 'Oh I know, Thomas alfaedison, maybe?'
Stranger: 'You're funny :D but no'
Stranger: 'Where do u from? Are u from malaysia?'
Mungkin muka gue mirip Upin&Ipin.
Gue: 'No, I'm indonesian :)'
Stranger: 'Me too :D'
Gue: 'KENAPA GAK BILANG DARI TADI TONG!!!'


Gue pun memutuskan sambungan dan pergi keluar dari situs itu. Tujuan gue cuma ngetest doang apa yang salah sama koneksi internet/laptop gue. Ternyata gak ada yang salah, muka gue muncul dan koneksi seperti biasa. Mungkin dari skype-nya kali ya. Gue sih belum coba lagi video call pake skype, tau deh entar muka gue masih gak keliatan lagi atau enggak.


Berdoa aja, supaya adzan maghrib cepet kerkumandang. Lho?