Belakangan ini gue merasa insomnia gue ini makin parah, emang udah biasa kalo gue gak bisa tidur sebelum ngeliat jam yang menunjukan jam 12 malam. Rasanya jam 12 keatas itu emang waktunya gue tidur, sering juga gue tidur jam 11 lewat, itu termasuk mendingan, apalagi kalo gue udah bisa tidur jam 10 itu rasanya moment yang harus dicatat.

Kadang kalau abis jalan-jalan jauh terus pulang malem itu gue bisa tidur jam 9 kalo udah kecapean banget, kalo hari-hari biasa kayak sekarang rasanya susah buat tidur lebih awal.
Rasanya tuh kayak badan gue gak punya hubungan harmonis sama mata, saat mata gue pengen merem tapi badan gak mau istirahat, saat badan pengen istirahat tapi mata gak mau merem, jadi dilema kayak lagu nya cherrybelle.



Padahal semua hal yang harus dilakukan sebelum tidur, udah gue lakuin.

Akhir-akhir ini juga gue merasa kayak give up buat berusaha tidur lebih awal(?) misalnya gue udah pergi ke kasur bersiap tidur pada jam 10, udah niat banget pengen tidur, tapi keadaan berkata lain, yang ada gue malah bengang bengong ngeliatin lampu sama terus terusan ubah posisi tidur biar enak.
Jadinya gue lebih memlilih menunggu jam 12 buat tidur,mengisi waktu dengan kegiatan, entah gue JJM (Jalan Jalan Malem) dulu sama anak elangnya radit, liat-liatin followers nya arif poconggg, jaitin celana justin bieber, sama itungin telor cicak di deket pintu. Dan emang setelah gue ngeliat kalo jam hello kitty dikamar gue udah menunjukan jam 12 tiba-tiba gue udah gak tau apa yang terjadi, gue udah terlelap.

Apalagi semenjak sekolah gue di renovasi, gue jadi masuk siang. Kemauan buat begadang itu yang kadang mengganggu, karena gak ada keharusan buat gue bangun pagi-pagi.

Gue googling beberapa faktor umum penyebab insomnia
  • -       Pola tidur yang gak konsisten, katanya kalo tidur itu harus bangun pagi, kebiasaan tidur yang larut malam dan bangun siang itu yang merusak kebiasaan pola tidur yang seharusnya. Yaaa gue akuin emang iya.
  • -       Tidur dalam keadaan laper, yang ini sih gak pernah soalnya pasti sebelum laper aja gue udah nyari makanan duluan.
  • -       Terlalu banyak tidur, yang ini enggak soalnya gue tidur Cuma pas malem doang.
  • -       Merokok. Emaaaaak ini apalagi gue gak merokok.

Jawaban itu menurut kesehatan, tapi kalo menurut anak-anak jaman sekarang beda lagi.
  • -       Insomnia karena adanya koneksi internet, emang bener cuy kalo ada internet bikin susah tidur, apalagi adanya fakta kalo malem koneksi internet itu cepet banget kayak rossi lagi balapan.
  • -       Insomnia karena gak mau tidur kalo belum di goodnight-in sama gebetan, yang ini sih dibikin ribet sendiri, kalo gebetan nya gak bilang emang gak mau tidur ampe pagi?
  • -       Insomnia karena lagi ngestalk gebetan yang lagi sibuk ngetweet, yang ini juga sama dibikin ribet sendiri, biasanya para stalker newbie yang melakukan ini, kalo yang udah master sih tau besok juga bisa di stalk tweet nya, yekan? Yegak?
  • -       Yang ini dan selanjutnya tanyakan saja pada teman-teman mu.

Susah menurut gue buat ngerubah kebiasaan kayak gini, semua yang namanya kebiasaan emang susah dirubah. Bukannya gak bisa, tapi susah, dan butuh proses yang lama.
Kadang, padahal gue udah baca doa sebelum tidur, ngitungin domba yang masuk kandang dalam khayalan, tapi tetep susah, gak bisa langsung tidur.

Gue butuh cara yang ampuh yang dapat menghilangkan insomnia yang menganggu bagaikan rayap yang lagi gangguin pasangan semut lagi dinner, ya seperti itulah.

Kalo ada yang tau cara nya, bisa di comment ya :p